06 Januari 2008

kala menanti

adil?
keadilan?

apakah harus serupa timbangan, kiri 50kg dan kanan 50kg, kemudian menjadi rata dan tidak tumpah?
bisakah, dikiri 50kg dan di kanan 25kg karena memang harus begitu takarannya?

timbang?
menimbang?

apakah harus ada keadilan juga didalamnya?
bahwa aku menerima dan aku memberi harus sama persis?
atau bisakah,
aku menerima lebih banyak dan memberi lebih sedikit?
atau sebaliknya, agar timbang menimbangnya lebih cepat diselesaikan maka sebaiknya tidak harus ada keadilan didalamnya?

menimbang dan keadilan,
bagaimana kamu bisa menimbang?
apakah aku harus memberi lebih banyak?
ataukah aku harus diam dan menerima?
ataukah,
kita harus bertemu dan diam dan diam dan diam, seperti biasa?

aku diam,
aku maju,
aku menjauh,
tak ada beda. biasa saja.

mungkin,
timbangannya masih dicari...
menggunakan timbangan tradisional atau modern,
karena sepertinya menyangkut harkat hidup orang banyak.
tentu saja,
hidup aku,
hidup kamu,
dan hidup kita.

dan aku,
tetap diam, maju, menjauh, tak ada beda.
kamu hanya perlu tahu, aku sudah menemukan timbangannya. kamu?

Tidak ada komentar: