04 Desember 2007

Sukar, Mudah, Pusing!

satu orang teman, berkata "cinta itu perih karena kemaren aku harus berjuang mendapat lelakiku, karena dia sebenarnya bukan milikku"

seorang lagi, berkata "cinta itu memahami, enam tahun aku dibencinya, sekarang aku dapat melihat senyumnya untukku"

ada lagi berkata "tujuh tahun menjalin cinta bukan jaminan itu adalah cinta, karena aku menemukan dia menghamili seorang pelacur"

ah, sewaktu lalu, seseorang berkata "aku mencintainya tanpa ada rasa ingin memilikinya, dan selama 2 tahun ia menjadi sumber inspirasiku, dan meski kita sempat bercinta, sampai sekarang kita tetap berteman"

Oh, teman,
apa sebenarnya cinta?
begitu sulitkah definisinya? karena begitu subyektifnya?
begitu mudahnya kita terperangkap, karena begitu memperdayakah?
begitu sesakkah kita bila sudah terperangkap?

Hingga,
semua musisi, penulis, seniman, begitu mudahnya mencurahkan hasrat cintanya melalui karyanya.

Tapi aku?
Ku coba raba,
ku coba memahami,
tak juga mengerti.

seperti kecupan yang melintas dalam koma dan tanpa pernah menjadi titik,
penetrasi yang terasa tak pernah usai,
menghentak,
menerobos paksa,
dan tiba-tiba menyentak!!

seperti itukah?

sekali lagi, aku ingat bahwa aku pernah mengomentari seorang sahabat "kamu pasti sedang jatuh cinta, karena kamu terlihat begitu mempesona, dan betul kan kataku?"
ia berujar "iya, aku jatuh cinta, dan hidupku terasa lebih indah"
kemudian, aku berujar "tidakkah kamu takut sakit? karena cinta?"
"tentu tidak!! semua itu konsekuensinya. aku memiliki cinta, dan cinta itu memahami!! ia tidak buta, ia adalah jalan indah yang harus dilaluimu juga."

Tak mampu aku berkata-kata.

Cinta dan aku.
Mungkin bisa jadi rival,
yang saling menengok,
saling ingin mengenal,
tapi gengsi.

Mungkin. Siapa yang tahu.

Karena tiba-tiba,
aku merasakan hentakan kecil,
seperti sedang foreplay.

apa itu cinta?
Sukar, mudah, pusing!!

-kantorku, usai kerja pk.17.11-

Tidak ada komentar: